Sabtu, 17 November 2012

TUGAS TAMBAHAN M5

Tugas Tambahan "Kasus PT. Great River International Tbk"

NAMA               : LELY YUNITA SARI
NPM                  : 24209199
KELAS              : 4 EB13
MATKUL          : ETIKA PROFESI AKUNTANSI


1. Identifikasikan pelanggaran apa saja yang terjadi dalam artikel diatas!
jawab : setelah saya membaca artikel tersebut disini saya menemukan berbagai macam identifikasi pelanggaran yang terjadi, diantaranya :
Pelanggaran 1:
Pelanggaran terhadap Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) yang berkaitan dengan laporan audit atas laporan keuangan konsolidasi PT Great River International Tbk tahun 2003.
Pelanggaran 2 : 
Adanya indikasi konspirasi dalam penyajian laporan keuangan Great River.
Pelanggaran 3 :
Adanya dugaan overstatement karena pencatatan untuk akun penjualan menggunakan metode yang berbeda dari ketentuan yang ada.
Pelanggaran 4 :
Adanya indikasi penipuan dalam penyajian laporan keuangan. Dimana BAPEPAM menemukan kelebihan pencatatan penyajian akun penjualan dan piutang dalam laporan keuangan tersebut.

2. Menurut anda, apakah ada hubungannya antara kesalahan pencatatan atas laporan keuangan dengan kesulitan perusahaan dalam membayar utangnya?
jawab :
Kalau menurut pendapat saya tidak berpengaruh, sebab menurut Junstinus A. Siharta menyatakan bahwa metode pencatatan akuntansi yang diterapkan Great River berbeda dengan ketentuan yang ada. Dimana Great River banyak menerima order pembuatan pakaian dari luar negeri dengan bahan baku dari pemesan. jadi, Great River hanya mengeluarkan ongkos operasi pembuatan pakaian. Sementara pada saat pesanan dikirimkan ke luar negeri, niali ekspornya dicantumkan dengan menjumlahkan harga bahan baku, asesoris, ongkos kerja dan laba perusahaan. Dan Justinus menyatakan bahwa metode pencatatan seperti ini bertujuan untuk menghindari dugaan dumping dan sanksi perpajakan. Dimana saldo laba bersih tidak berbeda dengan yang diterima perusahaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar