Senin, 08 Oktober 2012

TUGAS TAMBAHAN M2 (CONTOH ETIKA DI MASYARAKAT)



Lapang Dada Dan Bersikap Dewasa di Dalam Berkomunikasi

Bahwa telah kita ketahui bahwa manusia itu adalah makhluk social dimana mereka saling bersosialisasi dan saling ketergantungan satu dengan yang lainnya. Dimana cara bersosialisasi yang sering kita lakukan ialah bagaimana cara kita berkomunikasi dengan pihak lain secara tata bahasa yang terstruktur dengan baik dan sesuai dengan kaidah-kaidah tata bahasa yang baik dan benar.
Biasanya dalam kehidupan sehari-hari kita berkomunikasi dengan pihak lain itu kadang kita merasa bahwa perkataan kita didalam berkomunikasi kurang sopan bahkan dapat menyakiti perasaan pihak lain meski perkataan yang keluar tersebut diluar garis kesadaran kita. Lalu bagaimana cara kita menangani perkataan tersebut supaya perkataan tersebut tidak menyakiti perasaan orang lain dan tidak menimbulkan konflik diantar pihak yang bersangkutan?
Maka disinilah peranan sikap kedewasaan seseorang serta kelapangan dada (kesabaran) kita didalam berkomunikasi tersebut. Mungkin setiap orang itu tidak memiliki kesamaan didalam menyikapinya. Bahkan sering kita temukan ada orang yang cuek akan perkataan seseorang dan bahkan ada orang yang memiliki perasaan yang sensitive didalam berkomunikasi, meskipun perbicangan yang kita lakukan itu sifatnya hanya bercandaan atau garauan saja.
Apabila kita memiliki etika didalam berkomunikasi mungkin kita tidak akan merasa tersakiti atau menyakiti orang lain. Sebab dengan kedewasaan seseorang kita bisa memilah-milah dan mengambil kesimpulan positif dari perbincangan yang kita lakukan, selain kedewasaan sikap lapang dada juga sangat berperan didalam mengendalikan kesabaran diri kita. Dari kedua sikap tersebut kita bisa merasakan manfaatnya diantaranya tidak adanya konflik yang timbul antar pihak, serta persatuan dan kesatuan antar manusia akan lebih erat lagi. Maka dari itu marilah kita membangun etika di dalam berkomunikasi sehari-hari baik itu dengan pihak yang lebih tua maupun pihak yang lebih muda dari kita, sebab kehidupan itu akan lebih indah apabila kita saling menghargai satu sama lainnya.


NAMA                    : LELY YUNITA SARI
NPM                      : 24209199
KELAS                    : 4EB13
MATKUL                 : ETIKA PROFESI AKUNTANSI #

Tidak ada komentar:

Posting Komentar